Bulan timbang dilaksanakan setiap bulan Februari dan Agustus dimana bersamaan dengan pemberian Vitamin A. Pada kegiatan bulan timbang ini dilakukan penimbangan berat badan, pengukuran lingkar lengan, lingkar kepala (baduta), pengukuran tinggi badan, dan serta panjang badan. Dan hasil dari penimbangan dan pengukuran tersebut dapat mencerminkan status gizi balita yang merupakan tolak ukur status gizi masyarakat. Bulan agustus ini bertepatan dengan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) dalam rangka pekan imunisasi dunia.

Selama periode BIAN, satu dosis imunisasi campak-rubella akan diberikan terlepas dari status imunisasi sebelumnya sesuai target berdasarkan rekomendasi yang ditetapkan untuk masing-masing wilayah. Satu atau lebih jenis imunisasi akan diberikan untuk melengkapi status imunisasi anak usia kurang dari 5 tahun

UPTD Puskesmas Banjarejo Kota Madiun melaksanakan Bulan Timbang dan BIAN di 57 Posyandu, PAUD dan TK di wilayah kerja UPTD Puskesmas Banjarejo Kota Madiun dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Mari sukseskan bulan timbang dengan mengantarkan anak-anak kita ke posyandu terdekat.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *