Batik Beraksi merupakan salah satu inovasi UPTD Puskesmas Banjarejo yang memiliki akronim “Bekas Penderita Kusta bermanfaat aktif singkirkan penyakit kusta”. Batik Beraksi adalah kelompok perawatan diri bagi penderita kusta dan mantan penderita kusta. Kegiatan Batik Beraksi ini bertujuan untuk memotivasi pasien baru supaya pasien tersebut memiliki semangat untuk sembuh.

Kusta merupakan masalah kesehatan masyarakat karena cacatnya. Penyakit ini disebabkan oleh M.leprae. Cacat kusta terjadi akibat gangguan fungsi saraf pada mata, tangan dan kaki. Semakin panjang waktu penundaan dari saat pertama ditemukan tanda dini hingga dimulainya pengobatan, makin besar resiko timbulnya kecacatan akibat terjadinya kerusakan saraf yang progresif. Diagnosis dan pengobatan dini dapat mencegah terjadinya komplikasi kecacatan.

Kegiatan rutin Batik Beraksi telah dilaksanakan pada tanggal 11 Juni 2024 di Puskesmas Banjarejo. Ada beberapa agenda dalam pertemuan dengan penderita kusta dan mantan penderita kusta tersebut. Pertama perserta mendapatkan penyuluhan kesehatan, dilanjutkan dengan senam kusta. Acara berikutnya yaitu POD (prevention of disability) atau pencegahan kecacatan. Dalam POD petugas memeriksa kelainan pada kulit dan mengajarkan peserta perawatan diri.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *