Deklarasi Bersama Kelurahan STBM, Sehat Dimulai dari Kita!

Sanitasi total berbasis masyarakat melibatkan seluruh aspek masyarakat sebagai pengambil keputusan dan penanggung jawab. Program ini dilakukan dalam rangka menciptakan / meningkatkan kapasitas masyarakat untuk memecahkan berbagai persoalan terkait upaya peningkatan kualitas hidup, kemandirian, kesejahteraan, serta menjamin keberlanjutannya.

Pada Kamis, 20 September 2018, terdapat 4 Kelurahan di Kecamatan Taman yang melakukan Deklarasi Kelurahan STBM, yaitu Kelurahan Kejuron, Mojorejo, Demangan dan Kuncen. Acara deklarasi ini dihadiri oleh berbagai lapisan masyarakat, diantaranya Kepala Dinas Kesehatan & KB yang diwakili oleh dr. Ismudoko selaku Kabid Kesga, Camat Taman, Ketua Forum Kecamatan Sehat, Danramil, Kapolsek Taman, TP PKK Kecamatan Taman, Lurah se Kecamatan Taman, Kepala UPTD Puskesmas Banjarejo, Kepala UPTD Puskesmas Demangan beserta kader kesehatan dari masing-masing kelurahan.

Acara bertempat di Gedung Pertemuan Kecamatan Taman dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya kemudian dilanjutkan persembahan beberapa lagu dari kader yang bertemakan STBM. Persembahan berupa fragmen, yel-yel, lagu merupakan alat perantara bagi kader untuk menyampaikan pesan-pesan moral kepada masyarakat luas tentang pentingnya STBM untuk mewujudkan kehidupan yang lebih sehat dan bersahaja. Harapannya melalui kegiatan sederhana ini, terdapat perubahan perilaku untuk lebih menjaga kesehatan lingkungannya dan turut meningkatkan derajat kesehatan di masyarakat.

Pembacaan naskah Deklarasi Kelurahan STBM dipimpin oleh Camat Taman, kemudian diikuti oleh Lurah dan seluruh tamu undangan secara bersama-sama. Setelah itu acara dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat Kelurahan STBM dari dr. Ismudoko kepada Lurah Kejuron, Lurah Mojorejo, Lurah Demangan dan Lurah Kuncen.

Acara deklarasi ditutup dengan Penandatanganan Komitmen Mewujudkan Kelurahan STBM di Wilayah Kecamatan Taman Kota Madiun Tahun 2018 oleh seluruh tamu undangan yang hadir. Hal ini dilaksanakan sebagai suatu bentuk pengukuhan bahwa seluruh lapisan masyarakat bertanggung jawab untuk mewujudkan Kelurahan STBM di Wilayah Kecamatan Taman. Mari wujudkan Kelurahan STBM, Sehat Dimulai dari Kita! (Ryani/red)