PROTOKOL KESEHATAN SAAT BERKUNJUNG KE PUSKESMAS BANJAREJO

Selama masa pandemi covid 19, Puskesmas Banjarejo tetap memberikan pelayanan kesehatan sesuai protokol kesehatan di faskes pertama.  Pasien atau pengunjung Puskesmas Banjarejo diwajibkan untuk memakai masker.

Pertama, pasien atau pengunjung yang datang diarahkan oleh petugas untuk cuci tangan pakai sabun. Sebelum masuk ke ruang tunggu, pasien atau pengunjung dilakukan screening dengan pengukuran suhu tubuh, menanyakan riwayat perjalanan dan keperluan ke Puskesmas. Bagi pengantar pasien diharapkan untuk menunggu di luar di tempat yang sudah disediakan, kecuali untuk pasien dengan kondisi tertentu yang harus didampingi. Kemudian pasien mendaftar ke loket pendaftaran lalu menunggu untuk dipanggil oleh unit pelayanan.

Ada beberapa pedoman pelayanan selama pandemik covid 19, yaitu :

  • Pelayanan kepada calon pengantin, meliputi :
    Pelayanan kepada calon pengantin wanita meliputi : Pengukuran tinggi badan, berat badan serta dihitung IMT untuk mengetahui status gizi dan pengukuran LILA (Lingkar Lengan Atas), Pemeriksaan Laboratorium (pemeriksaan Hb, Golongan darah, HIV, HbsAg, dan test kehamilan). Pemeriksaan ini dikenakan tarif sesuai Perda.
    Pelayanan kepada calon pengantin laki-laki meliputi : Pemeriksaan laboratorium meliputi pemeriksaan Hb, Golongan darah, HIV dan  HbsAg. Pemeriksaan ini dikenakan tarif sesuai Perda.
  • Pelayanan KB
    Tidak melayani pemasangan dan pengambilan implant / IUD (untuk mencegah kehamilan yang tidak diinginkan akan diberikan konseling oleh Bidan)
  • Pelayanan KIA dan Lainnya
    – Pelayanan KIA dan Lainnya akan  diberikan sesuai FASILITAS KESEHATAN (FASKES)  PUSKESMAS BANJAREJO
    – Pelayanan imunisasi tetap dilakukan sesuai jadwal dengan FASILITAS KESEHATAN (FASKES) PUSKESMAS BANJAREJO
  • Pelayanan Surat Sehat
    Pelayanan surat sehat HANYA  DIBERIKAN KEPADA PASIEN YANG BERDOMISILI DI WILAYAH PUSKESMAS BANJAREJO ( Kelurahan Banjarejo, Kelurahan Manisrejo, Kelurahan Mojorejo dan Kelurahan Kejuron) dan dikenakan tarif sesuai Perda.

Demikian prosedur untuk pasien yang mau berobat ke Puskesmas Banjarejo. Jangan lupa tetap lakukan pencegahan covid 19 dengan sering cuci tangan pakai sabun, jaga jarak dengan orang lain (physical distancing), tetap dirumah (stay at home) jika tidak ada keperluan yang mendesak dan jika keluar rumah harus menggunakan masker. (admin/red)