Kegiatan Screening dalam Upaya Deteksi Gangguan Tumbuh Kembang pada Anak di TK dan PAUD Wilayah Puskesmas Banjarejo

Bulan Januari 2020, Puskesmas Banjarejo telah melaksanakan kegiatan screening dan deteksi dini tumbuh kembang (DDTK) di TK dan PAUD wilayah Puskesmas Banjarejo.

Wilayah kerja Puskesmas Banjarejo mencakup 4 Kelurahan yaitu Kelurahan Banjarejo, Kejuron, Mojorejo dan Manisrejo. TK dan PAUD yang berada di wilayah kami yaitu PAUD dan TK Al Husna, PAUD dan TK ABA 3, TK Antonius, TK Pelita Harapan, PAUD Dinar Ceria, PAUD Joy, PAUD Seruni, TK Siwi Peni Rahayu, TK LKMD, TK RT 17, TK Tunas Bhakti, TK Tunas Bangsa, PAUD Siti Hajar 3, TK Dharma Wanita II, TK Dharma Wanita I, RA Nashrus Sunnah, TK ABA 11, TK Ihsaniyah, TK Al Hidayah I, TK Al Hidayah II, PAUD Anyelir, PAUD Al Kautsar, PAUD Mutiara, PAUD Ceria 1, TK Ar Ridlo, TK Yaa Bunayya, TK Ceria Anak Bangsa, TK Candra Siwi Tama, TAUD Sahabat Qur’an dan PAUD Sahabat.

Kegiatan screening adalah rangkaian pemeriksaan yang bertujuan untuk mengetahui penyakit dan gangguan tumbuh kembang pada anak. Pemeriksaan kesehatan meliputi pemeriksaan tumbuh kembang (berat badan, tinggi badan, lingkar kepala dan DDTK), pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut dan pemeriksaan fisik yang terdiri dari pemeriksaan kuku, mata, telinga, hidung, tenggorokan dan kulit.

Dalam pelaksanaan screening dan DDTK di TK dan PAUD, petugas dari Puskesmas Banjarejo terdiri dari dokter, perawat gigi, bidan dan promkes.