Sudahkan Anak Mendapatkan Vitamin A dan Obat Cacing?

Bulan Agustus merupakan bulan pemberian kapsul vitamin A. Setelah sebelumnya anak-anak sudah mendapatkan suplementasi yang sama pada Bulan Februari 2018. Pemberian Vitamin A dan Obat Cacing merupakan program tahunan yang dilakukan oleh Pemerintah, dalam hal ini Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kota Madiun sebagai Program Nasional.
Sasaran dari program ini merupakan anak dengan kelompok umur 6 s/d 59 bulan di seluruh Indonesia. Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya untuk memenuhi kecukupan asupan Vitamin A pada balita.

Pemberian kapsul Vitamin A berebeda dosis disesuaikan dengan kelompok umurnya. Kapsul biru (dosis 100.000 IU) untuk umur 6 s/d 11 bulan dan kapsul merah (dosis 200.000 IU) untuk umur 12s/d 59 bulan. Bukan hanya anak-anak saja, kapsul vitamin A juga diberikan kepada ibu yang sedang dalam masa nifas.

Kekurangan vitamin A dalam tubuh dapat menimbulkan masalah pada kesehatan karena vitamin A memiliki peran penting dalam pembentukan, produksi, dan pertumbuhan sel darah merah, sel limfosit, antibodi juga integritas sel epitel pelapis tubuh. Vitamin A juga dapat mencegah rabun senja, xeroftalmia, kerusakan kornea dan kebutaan serta mencegah anemia pada ibu nifas. Kekurangan vitamin A dapat meningkatkan risiko anak rentan terkena penyakit infeksi seperti infeksi saluran pernafasan atas, campak dan diare.

Terdapat tujuan yang baik mengapa pemberian vitamin A perlu diiringi dengan pemberian obat cacing, yakni untuk menyempurnakan penyerapan zat gizi pada balita. Sedikit berbeda dari Vitamin A, untuk pemberian Obat Cacing diperuntukkan bagi balita, anak pra sekolah dan usia sekolah. Hal ini dilakukan sebagai pencegahan agar anak tidak mengalami kekurangan gizi yang bersifat kronis.

Perlu diketahui bahwa pemberian kapsul vitamin A dan Obat Cacing ini gratis tanpa dipungut biaya apapun. Anak-anak dapat memperoleh kapsul vitamin A dan Obat Cacing di posyandu, TK/PAUD terdekat. Jadi, pastikan anak Anda memperoleh Vitamin A dan Obat Cacing di Bulan Agustus ya!?