UPTD Puskesmas Banjarejo melaksanakan kegiatan Rapid Village Survey (RVS) di Kelurahan Banjarejo pada tanggal 26 November 2021. RVS merupakan suatu cara menemukan penderita baru kusta secara aktif dalam lingkup yang lebih kecil (desa/kelurahan) yang melibatkan partisipasi masyarakat. Kegiatan RVS dipandu oleh 3 petugas Puskesmas yaitu dokter, perawat, penyuluh kesehatan dan diikuti oleh 64 peserta. Para peserta datang mengikuti kegiatan RVS dengan menerapkan protokol kesehatan.

Kegiatan RVS diawali dengan penyuluhan tentang penyakit kusta, bagaimana gejala, cara penularan serta pengobatannya. Selanjutnya dilakukan skrining kesehatan seperti pemeriksaan tensi dan wawancara, kemudian dilakukan pemeriksaan pada kulit. Hasil pemeriksaan dari 64 peserta tidak terdapat gejala yang mengarah penyakit kusta. Ada peserta yang mengalami penyakit kulit lain selanjutnya dirujuk ke Puskesmas.

Peran kader kesehatan dan lintas sektor sangat penting dalam mendukung kegiatan RVS ini sehingga dapat berjalan dengan tertib dan sesuai dengan protokol kesehatan. (admin/red)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *