Berdasarkan hasil Monev Pengendalian Covid-19 oleh Dinas Kesehatan, Pengendelian Penduduk dan KB Kota Madiun, capaian vaksinasi covid-19 pada usia dewasa dan anak-anak sudah bagus. Sedangkan untuk capaian vaksinasi covid-19 pada lansia, Kota Madiun berada di urutan ke 5 se Provinsi Jawa Timur. Dalam meningkatkan capaian vaksinasi covid-19 pada lansia, upaya yang dilakukan yaitu membuka pelayanan vaksinasi covid-19 di Posyandu Lansia dan melakukan mobile vaksin ke rumah lansia yang tidak bisa mobilisasi.


Pelayanan vaksinasi di Posyandu Lansia sebenarnya sudah pernah dilaksanakan pada bulan Oktober 2021, akan tetapi belum maksimal karena sasaran lansia yang vaksin hanya sedikit. Bedanya kali ini kader melakukan pendataan lansia yang belum vaksin dan memberikan undangan ke lansia tersebut untuk datang vaksinasi covid-19 di posyandu lansia.
Pelayanan vaksinasi covid-19 di Posyandu Lansia berjalan sesuai dengan protokol kesehatan. Lansia datang membawa kartu vaksinasi atau fotocopy KTP menuju meja pendaftaran, selanjutnya dilakukan pengukuran BB dan TB. Proses vaksinasi covid-19 yang pertama, petugas Puskesmas melakukan check status vaksinasi di Aplikasi p-care vaksin berdasarkan identitas peserta. Hal ini sangat penting untuk menentukan pemberian jenis vaksin dan dosis yang diberikan. Selanjutnya di meja screening, dilakukan wawancara, pengukuran suhu dan tensi. Peserta vaksin yang lolos screening diberikan vaksin covid-19.
Petugas melakukan input data ke Aplikasi p-care vaksin. (admin/red)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *