Puskesmas Banjarejo didirikan pada tahun 1967, yang pada mulanya bernama Puskesmas Nambangan Kidul dan terletak di Jalan Trunojoyo no 120. Pada tahun 1993 lalu Puskesmas Nambangan Kidul di pindahkan ke Kelurahan Banjarejo dan berganti nama menjadi Puskesmas Banjarejo. Puskesmas Banjarejo terletak di Jl. Bayangkara Nomor 1, Kelurahan Banjarejo Kecamatan Taman, Nomor TeleponĀ  (0351) 465322 emailĀ puskbjr@gmail.com.

UPTD Puskesmas Banjarejo sebagai fasilitas pelayanan kesehatan telah resmi teregistrasi dengan kode 10-33-276. UPTD Puskesmas Banjarejo juga telah terakreditasi Utama pada tahun 2019 berdasarkan sertifikat nomor YM.02.01/ VI.14/ 2266/ 2019.
Kategori UPTD Puskesmas Banjarejo menurut karakteristik wilayah termasuk puskesmas perkotaan. Sedangkan berdasarkan kemampuan penyelenggaraan, UPTD Puskesmas Banjarejo merupakan puskesmas non rawat inap.

Secara geografis, UPTD Puskesmas Banjarejo terletak di wilayah perkotaan tepatnya di dataran rendah wilayah Kecamatan Taman, Kota Madiun. Secara administratif wilayah kerja UPTD Puskesmas Banjarejo terdiri dari 4 (empat) Kelurahan, yaitu Kelurahan Banjarejo, Kejuron, Mojorejo dan Manisrejo. Luas wilayah UPTD Puskesmas Banjarejo seluruhnya adalah 6,70 km2 dengan batas-batas sebagai berikut:

  • Sebelah Utara : Kelurahan Kanigoro, Kelurahan Klegen, Kelurahan Kartoharjo
  • Sebelah Timur : Kelurahan Munggut, Kelurahan Mojopurno
  • Sebelah Selatan : Kelurahan Sidorejo, Kelurahan Demangan
  • Sebelah Barat: Kelurahan Taman, Kelurahan Pandean

Dilihat dari kondisi geografis tersebut, keterjangkauan pelayanan kesehatan UPTD Puskesmas Banjarejo tergolong mudah bagi masyarakat di wilayah kerjanya. Di samping itu, UPTD Puskesmas Banjarejo juga memiliki 3 (tiga) Puskesmas Pembantu (Pustu) yaitu Pustu Kejuron, Pustu Mojorejo, dan Pustu Manisrejo. Berdasarkan data dari estimasi BPS jumlah penduduk di wilayah Puskesmas Banjarejo Tahun 2021 sebanyak 40.615 jiwa yang terdiri dari 20.980 laki-laki dan 19.635 perempuan.

Ada 19 Jenis Layanan di Puskesmas Banjarejo yaitu :

  1. Pelayanan Pendaftaran & Rekam Medis;
  2. Pelayanan Pemeriksaan Kesehatan Umum;
  3. Pelayanan Kesehatan Lansia;
  4. Pelayanan Kesehatan Gigi & Mulut;
  5. Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak;
  6. Pelayanan Keluarga Berencana;
  7. Pelayanan Persalinan;
  8. Pelayanan IMS;
  9. Pelayanan MTBS;
  10. Pelayanan TB;
  11. Pelayanan PDP HIV;
  12. Pelayanan Konsultasi Gizi;
  13. PelayananKonsultasi Sanitasi;
  14. Pelayanan Konsultasi PKPR;
  15. Pelayanan Konsultasi UBM
  16. Pelayanan Laboratorium
  17. Pelayanan Farmasi
  18. Pelayanan Gawat Darurat
  19. Pelayanan Ambulans

Dalam melaksanakan berbagai kegiatan tersebut di atas, Puskesmas Banjarejo didukung oleh berbagai sumber daya strategis. Jumlah tenaga / SDM di UPTD Puskesmas Banjarejo tahun 2021 adalah 62 orang. Adapun rincian ketenagaan tersebut dapat dilihat pada tabel berikut ini.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *