Pada tanggal 20 Mei 2022, UPTD Puskesmas Banjarejo telah melaksanakan kegiatan Posbindu PTM bagi karyawan dan karyawati. Tujuan dilaksanakan kegiatan tersebut untuk mengetahui faktor resiko Penyakit Tidak Menular yang dimiliki seseorang sehingga bisa dilakukan pencegahan. Pelayanan Posbindu PTM dengan menerapkan 5 Meja. Meja 1 pendaftaran; Meja 2 pengukuran BB, TB dan lingkar perut; Meja 3 pemeriksaan tensi; Meja 4 pemeriksaan laboratorium; Meja 5 konseling dan pemberian makanan tambahan.

Penyakit Tidak Menular seperti diabetes, hipertensi, penyakit jantung dan ginjal, stroke, penyakit paru obstruktif, gangguan indra dan kanker. Faktor resiko Penyakit Tidak Menular seperti kebiasaan merokok, diet atau pola makan yang tidak sehat, kurangnya aktivitas fisik, dan konsumsi minuman beralkohol. Selain itu, riwayat kesehatan keluarga juga dapat menjadi pemicu penyakit tidak menular.

Upaya pencegahan Penyakit Tidak Menular yaitu dengan mengendalian faktor risiko diatas dengan menerapkan perilaku CERDIK :
C : Cek kondisi kesehatan secara berkala
E : Enyahkan Asap Rokok
R : Rajin aktifitas fisik
D : Diet sehat dengan kalori seimbang
I : Istirahat Cukup
K : Kendalikan stress

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *