Raih 7 Penghargaan, Puskesmas Banjarejo Kembali Tunjukan Prestasi dalam Ajang Jambore Kader Kesehatan 2018

Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kota Madiun senantiasa berusaha mengembangkan inovasi dalam program kesehatan yang ada di Kota Madiun. Salah satu dari sekian banyak kegiatan tahunan yang dimiliki yaitu Kegiatan Jambore Kader Kesehatan. Seperti yang diketahui bahwa dalam setiap kesuksesan program kesehatan tidak terlepas dari adanya peran lintas sektor baik PKK dan masyarakat, utamanya kader kesehatan.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan penghargaan, pembinaan, serta meningkatkan pengetahuan, kemampuan, serta keterampilan kader kesehatan. Jambore Kader Kesehatan 2018 dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada tanggal 16 dan 17 April 2018. Bertempat di Gedung Diklat Kota Madiun, Jl. Duku, kegiatan pada hari pertama terdiri atas pelaksanaan beberapa lomba diantaranya penyuluhan lansia dengan mengangkat tema “peran lansia dalam menurunkan Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi”, kemudian lomba keterampilan DDTK, dan lomba keterampilan kader Jumantik.

Sedangkan di hari kedua kegiatan ini turut menghadirkan motivator untuk meningkatkan motivasi kader dalam menjalankan tugasnya dan kemudian dilanjutkan dengan perlombaan kreasi seni dari perwakilan setiap puskesmas di Kota Madiun. Dalam kreasi seni, peserta lomba yang terdiri dari petugas puskesmas dan kader kesehatan menampilkan pertunjukkan dengan mengangkat tema “stunting”. Juri dalam kegiatan lomba ini tidak hanya berasal dari Dinas Kesehatan dan KB Kota Madiun saja, melainkan juga dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Madiun dan TP PKK Kota Madiun.

Dalam kegiatan Jambore Kader Kesehatan 2018, Puskesmas Banjarejo berhasil keluar menjadi Juara Umum dengan meraih 7 penghargaan sekaligus, diantaranya:

  • Juara 2 Penyuluhan Lansia oleh Nur Hastuti (kader Kelurahan Manisrejo)
  • Juara 3 Penyuluhan Lansia oleh Ibu Harmini (kader Kelurahan Mojorejo)
  • Juara 1 DDTK oleh Desi Dwi (kader Kelurahan Kejuron)
  • Juara 3 DDTK oleh Diana (kader Kelurana Banjarejo)
  • Juara 1 Keterampilan Jumantik oleh Ibu Sri Rahayu (kader Kelurahan Mojorejo)
  • Juara 2 Keterampilan Jumantik oleh Ibu Indiyah (kader Kelurahan Banjarejo)
  • Juara 3 Kreasi Seni

Uniknya dalam pertunjukan kreasi seni yang disuguhkan, Tim Kreasi Seni Puskesmas Banjarejo menyajikan drama bertema wewayangan dengan penyampaian pesan kesehatan untuk mencegah stunting melalui perbaikan asupan gizi seimbang untuk anak-anak.

Harapannya selain dapat megapreasi peranan kader, melalui kegiatan ini kader juga dapat berbagi pengalaman dengan peserta lain sehingga lebih termotivasi dalam melaksanakan berbagai program-program kesehatan kedepannya. (Ryani/red)