Tim Puskesmas Banjarejo Sapu Bersih Lomba Jambore SBH Tahun 2018

Dalam rangka Evaluasi Kegiatan SBH maka Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kota Madiun menyelenggarakan Kegiatan Jambore SBH yang melibatkan seluruh anggota SBH di Kota Madiun. Acara ini dilaksanakan pada Selasa, 27 Maret 2018 di Gedung Diklat Jl. Duku Kota Madiun. Peserta berasal dari anggota SBH yang dibina oleh Petugas Kesehatan Puskesmas terdiri atas Promkes dan Perawat sesuai dengan wilayah kerja masing-masing.

Terdapat 3 jenis perlombaan dalam Jambore SBH, diantaranya Lomba Penyuluhan, Lomba Implementasi PHBS dan Lomba PPGD atau Pertolongan Pertama Gawat Darurat. Perlombaan tersebut ada yang dilakukan secara berkelompok maupun individu. Untuk lomba penyuluhan dilakukan secara individu dengan perwakilan satu putra dan satu putri, sedangkan Implementasi PHBS dan PPGD dilakukan secara berkelompok atau Tim.

Setiap puskesmas yang ada di Kota Madiun mengirimkan siswa-siswi perwakilannya untuk mengikuti lomba. Acara dimulai pada pukul 08.00 WIB dan dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kota Madiun, dr. A.S. Wardani, M.Mkes. Juri dari kegiatan ini diantaranya berasal dari Dinas Kesehatan dan KB Kota Madiun, Dinas Pendidikan Kota Madiun serta dari Kwarcab Kota Madiun. Peserta lomba yang telah mempersiapkan diri dengan baik, mengikuti jalannya perlombaan dengan tertib dan antusias.

Peserta lomba SBH yang menjadi Tim SBH Puskesmas Banjarejo berasal dari siswa-siswi SMA yang berada di wilayah kerja Puskesmas Banjarejo, yakni SMA 1, SMA 5 dan SMA 6. Dari tiga perlombaan, Tim Puskesmas Banjarejo berhasil meraih juara dalam ketiga kategori tersebut, diantaranya:

  1. Juara 1 Lomba Penyuluhan oleh Radhiffa Hafiz dari SMA 5 Kota Madiun
  2. Juara 1 Lomba Implementasi PHBS yang dipresentasikan oleh Meinanda mewakili Tim SBH Puskesmas Banjarejo
  3. Juara 3 Lomba PPGD oleh Tim SBH Puskesmas Banjarejo

Juara dari kegiatan Jambore SBH memperoleh Piagam, Vandel dan uang pembinaan yang akan dikirim ke rekening masing-masing pemenang. Untuk Juara 1 Lomba Penyuluhan dan Implementasi PHBS memperoleh uang pembinaan sebesar Rp2.000.000,- dan Juara 3 Lomba PPGD memperoleh uang pembinaan sebesar Rp1.250.000,-.

Hal ini diharapkan dapat meningkatkan semangat anggota SBH dalam mengikuti kegiatan SBH serta sebagai persiapan untuk Kejuaraan Pertida pada Bulan April 2018 mendatang. (Ryani/red)